Kamis, 03 September 2009

Apa sih "pH" itu?

pH (power of Hydrogen) merupakan derajat atau tingkat keasaman suatu larutan. Melalui pH kita dapat menentukan apakah suatu larutan bersifat asam atau basa. Suatu larutan yang memiliki pH <> 7 dikategorikan sebagai basa. Larutan yang memiliki pH = 7 bersifat netral, contohnya air murni.

Yang menentukan sifat asam dalam suatu larutan adalah banyaknya ion H+ di dalam larutan tersebut. Berdasarkan fakta inilah, konsep pH dibuat. Rumus pH adalah sebagai berikut:

pH = – log [H+]

Semakin besar konsentrasi ion H+, nilai pH-nya semakin kecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin kecil nilai pH, maka larutan itu semakin bersifat asam.

Ada pula kebalikan dari pH yaitu pOH. Yang diukur di sini bukanlah konsentrasi ion H+, melainkan konsentrasi ion OH-.

pOH = – log [OH-]

Hubungan antara pH dan pOH dapat dirumuskan menjadi:

pH + pOH = 14

Ada beberapa cara mengetahui sifat asam-basa suatu larutan. Yang paling tua adalah kertas lakmus. Ada dua kertas lakmus yaitu kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Bila dicelupkan ke dalam larutan asam, kertas lakmus biru akan berubah warna menjadi merah sedangkan kertas lakmus merah tetap. Dan bila dicelupkan ke dalam larutan basa, kertas lakmus merah akan berubah warna menjadi biru sedangkan kertas lakmus biru tetap.

Cara lain adalah dengan mencelupkan kertas indikator pH lalu mencocokkan warnanya dengan warna yang ada di tabel.

http://commons.wikimedia.org/wiki/Image:PH_indicator_paper.jpg
http://fionaangelina.com/2008/01/17/ph/

4 komentar:

enit love mengatakan...

hai bonit dah lupa ama aku yo.....
dah senang yach...

enit love mengatakan...

kok ga ada blsnya..
apa blom sempat buka blog yach...

rofiq mengatakan...

bu nita, soalnya kuq susah2 bgt sie??? by 2mo1

su mengatakan...

askm, saya Su saya nak kongsi satu produk yg blh menyelesaikan masaalah asid ni iaitu klu kita mkn produk ni ia akan menuetralkan asid di dlm bdn kita. kita tak perlu berdiet atau menyekat apa yg kita nak mkn